Lancarkan Asi Dengan Konsumsi 7 Makanan Berikut

Lancarkan Asi Dengan Konsumsi 7 Makanan Berikut
Makanan pelancar ASI memang sangat perlu diketahui oleh Anda, khususnya para ibu yang saat ini sedang menyusui sang bayi. Tak sedikit dari para ibu yang menyusui, mengeluh akibat produksi Air Susu Ibu (ASI) yang sangat sedikit.

Sementara, pemberian ASI selama usia 6 bulan pertama seorang bayi sangat disarankan demi mencukupi nutrisinya secara optimal, maka tak heran setiap ibu menyusui pasti akan sangat mendambakan momen tersebut. Bagi Anda yang mengalami kekurangan produksi ASI kini tak perlu khawatir, karena sebenarnya kondisi tersebut dapat dicegah serta dihilangkan dengan cara alami dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tentu baik untuk kesehatan sang ibu.

Sebenarnya, tak ada pola makanan ataupun minuman khusus dalam meningkatkan produksi ASI, perlu diketahui Anda hanya perlu memperbanyak mengonsumsi berbagai makanan sehat sehingga membuat kebutuhan gizi harian menjadi terpenuhi antara lain seperti sayur, buah, biji-bijian atau kacang-kacangan sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar. Berikut adalah 7makanan pelancar ASI yang sudah dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber.

Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang dapat membantu Anda untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI pada payudara. Hal tersebut lantaran bayam memiliki kandungan fitoestrogen yang baik dalam melancarkan ASI. Selain itu, bayam juga mengandung berbagai vitamin serta mineral lainnya seperti vitamin A, C, kalsium, natrium, tembaga, seng dan asam folat yang juga sangat bermanfaat bagi perkembangan si kecil pada nantinya.

Oatmeal

Makanan yang dapat memperlancar ASI selanjutnya adalah oatmeal yang merupakan salah satu jenis dari biji-bijian dengan kandungan zat gizi yang begitu kaya. Oatmeal sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui karena dapat melancarkan ASI, tak hanya itu oatmeal ini juga akan baik untuk sang buah hati.


Adanya kandungan zat besi yang terdapat pada oatmeal ternyata berpengaruh terhadap banyaknya produksi ASI yang dihasilkan. Itu mengapa oatmeal sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin memperlancar ASI untuk kebutuhan nutrisi si kecil.

Wijen

Dilansir dari Hellosehat, biji wijen merupakan makanan yang ampuh untuk memperlancar ASI, hal tersebut lantaran ia mengandung banyak vitamin serta mineral di dalamnya seperti vitamin B, C, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi. Maka dengan mengonsumsi biji wijen, maka kebutuhan zat gizi harian selama Anda menyusui akan menjadi terpenuhi. Kandungan mineral kalsium yang ada di dalamnya juga mampu memberikan efek baik untuk produksi ASI sang ibu. Asupan kalsium yang terpenuhi juga membuat tingginya kalsium dalam ASI.

Kacang Arab

Selanjutnya ada kacang arab yang juga dapat membantu Anda dalam memperlancar ASI. Memiliki nama lain kacang garbanzo, kacang ini mengandung protein yang sangat tinggi, hal itu juga mampu membuat produksi ASI Anda menjadi meningkat dan lancar.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup menambahkan kacang ini sebagai makanan pendamping seperti mencampurkannya ke dalam pasta atau pun salad buah dan sayur. Dalam satu cangkirnya, kacang Arab ini mengandung 269 kalori, 45 gr karbohidrat, 15 gr protein, 13 gr serat dan 4 gr lemak, istimewanya lemak yang ada pada kacang ini adalah lemak tanpa kolesterol.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang juga dipercaya dapat memperlancar ASI Anda. Hal tersebut karena bawang ini mengandung berbagai vitamin dan mineral di dalamnya yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui.


Namun sayang, aromanya khas menyengat dari bawang putih ini juga dapat merubah rasa alama pada ASI. Rasa ASI yang dikeluarkan setelah mengonsumsi bawang ini, akan terasa sedikit pedas dan memiliki aroma menyengat khas bawang.

Pepaya

Buah pepaya juga merupakan makanan yang mampu membantu untuk melancarkan ASI berikutnya. Baik buah maupun bunganya memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C dan berbagai mineral yang sangat penting bagi kesehatan antara lain seperti kalium, asam folat serta enzim papain.


Enzim itu akan membantu pencernaan protein yang sangat dibutuhkan oleh para ibu menyusui dalam memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

Daun Katuk

Salah satu makanan yang begitu dipercaya dan sering digunakan untuk menambah serta memperlancar ASI adalah daun katuk. Ya, daun ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui lantaran mengandung cukup protein yang dibutuhkan saat memproduksi ASI.


Perlu diketahui, ibu menyusui membutuhkan protein sebanyak 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Berbeda dari kondisi normal wanita biasanya yang hanya membutuhkan 40 gr protein, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap harinya untuk ibu menyusui.

Itu tadi merupakan makanan yang bisa Anda coba untuk memperlancar serta memperbanyak produksi ASI. Bagi Anda yang merupakan ibu dalam kondisi menyusui, semoga informasi dapat membantu, dan selamat mencoba.

Posting Komentar

0 Komentar