Kenali Lebih Jauh Mengenai Serum Wajah Sebelum Perawatan

Memiliki wajah cerah adalah dambaan setiap orang. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Ada banyak produk yang diciptakan untuk menjaga wajah tetap cerah. Salah satunya adalah serum wajah. Tapi tahukah Anda mengenai produk tersebut? Berikut ini ada beberapa informasi mengenai produk tersebut agar Anda bisa melakukan perawatan dengan baik.

1.             Manfaat

Ada banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba membuat serum wajah. Oleh karena itu, ada juga berbagai macam manfaat dari produk yang satu ini. Setiap produk mengandung bahan aktif yang fungsinya berbeda dalam menangani masalah kulit. Sebelum memilih serum, ada baiknya Anda mengetahui manfaatnya sebagai berikut.
  • Kulit Kering dan Kendur

Pertama ada serum yang diformulasikan untuk masalah kulit yang kering dan kendur. Biasanya serum seperti ini mengandung lebih banyak vitamin E. Pasalnya vitamin E diyakini dapat memberikan nutrisi yang dikhususkan untuk kulit. Selain itu ada kandungan asam glikolat, nicinamide dan ceramide yang digunakan untuk kulit kering, kendur dan menjaga kelembaban kulit.
  • Kulit Gelap

Kedua ada serum yang di formulasikan untuk noda gelap yang ada di kulit. Pada umumnya serum ini lebih banyak kandungannya daripada serum sebelumnya. Selain ada kandungan asam glikolat dan vitamin E, kandungan serum ini ada kandungan lain. Misalnya ada asam ferulat (ferulic acid), kojic acid, asam azaleat, arbutin dan vitamin C. Kandungan dari bahan-bahan ini dipercaya menyamarkan noda hitam sekaligus mencerahkan wajah.
  •  Kulit Berjerawat

Berikutnya ada serum yang dikhususkan penggunaannya untuk kulit berjerawat. Biasanya serum ini mengandung asam salisilat dan retinol (tretinoin). Bahan ini bermanfaat untuk menangani kulit berjerawat terutama untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan kotoran. Selain itu, serum ini juga bisa membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati serta meredakan peradangan kulit akibat jerawat.
  • Kulit Tampak Muda

Jika Anda menginginkan kulit tampak lebih muda dan anti penuaan, Anda harus memilih serum yang satu ini. Pada umumnya serum ini diformulasikan degnan bahan yang mengandung asam ferulat. Asam ferulat ini terkenal fungsinya untuk mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan (anti-aging). Selain itu ada juga kandungan vitamin C yang berpengaruh terhadap pertumbuhan kolagen baru yang berperan terhadap kecerahan dan kekenyalan kulit.

2.             Tingkat Kepentingan Serum

Pemakaian dari serum wajah ini tidaklah harus Anda kenakan setiap kali melakukan perawatan. Apabila wajah Anda terasa baik-baik saja, penggunaan serum tidak perlu Anda pakai. Cukup menggunakan pembersih wajah dan krim lainnya. Namun, apabila Anda mengalami masalah kulit wajah serius seperti jerawat atau bintik noda hitam, Anda bisa menggunakan serum khusus.

3.             Cara Pakai

Sebelum Anda memakai serum untuk perawatan wajah, ada baiknya Anda memerhatikan kebersihan terutama kebersihan tangan. Pertama Anda harus membersihkan wajah dengan cara mencuci muka seperti biasa. Kemudian bilas dengan air hangat bila perlu lalu keringkan. Jika sudah, maka Anda bisa memberikan toner seperti biasa.
Apabila wajah sudah terasa lembab tapi tidak terlalu basah, Anda bisa mengambil 1 atau 2 tetes dari serum. Aplikasikan pada wajah dengan cara menepuk secara perlahan. Biarkan serum meresap dengan cara membiarkan selama 2 sampai 3 menit. Jika sudah lebih dari waktu tersebut, Anda bisa melakukan perawatan lainnya dengan produk lainnya juga.
Itulah beberapa informasi mengenai serum wajah yang harus Anda ketahui. Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dala memilih serum. Pastikan tidak ada kandungan parfum, bahan pengawet seperti methylparaben dan butylparaben maupun pelarut, seperti propylene glycol dan ethanol.

Posting Komentar

0 Komentar