5 Gejala Gangguan Kepribadian Narcissistic - Quandly

Breaking

Jumat, Juni 12, 2020

5 Gejala Gangguan Kepribadian Narcissistic

Narcissistic adalah salah satu gangguan kepribadian yang dialami oleh manusia. Gangguan kepribadian ini membuat seseorang menganggap dirinya inti, memiliki ekspektasi yang tinggi untuk dipuji dan disukai serta empati yang kurang terhadap orang lain.

Gangguan ini bisa dialami oleh siapa saja mulai dari kanak-kanak sampai dewasa. Penyebabnya banyak diantarnya seperti terlalu dimanja atau ada kenangan buruk di masa lalu. Lantas apa sih tanda-tanda seseorang bisa dibilang mengalami gangguan Narcissistic ini? Simak dibawah ini ya!

1. Dalam obrolan, Kamu saja yang selalu jadi pusat perhatian

Tidak peduli ada berapa banyak orang dalam suatu obrolan atau pembicaraan, bagi seorang yang narcissistic ia akan selalu menonjolkan dirinya. Ia selalu merasa lebih tahu dari siapapun. Ketika ia bercerita, semuanya adalah tentang dia.

Seorang narcissistic selalu merasa bahwa kehidupannya memang menarik untuk diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu ia bersikap seolah-olah yang paling penting.

2. Dalam hal apapun kamu yang selalu benar

Sifatnya yang merasa selalu lebih tinggi dari orang lain kerap membuatnya menjadi seorang yang tidak boleh disalahkan alias harus selalu benar. Ketika ada kesalahan dalam satu hal, maka itu adalah kesalahan orang lain bukan dirinya. Karena selalu merasa benar, membuatnya menjadi sosok yang tidak bertanggung jawab karena selalu melempar kesalahan kepada orang lain.

3. Suka mengkritik, tapi tidak suka dikritik

Bagi seorang yang narcissistic, rupanya kamu sangat lihai dalam mengkritik orang lain. Tak peduli dengan apa yang orang lain rasakan, kamu sering melakukan hal itu dalam hidupmu. Namun, ketika pada saat kamu dikritik balik oleh orang lain, kamu selalu merasa disakiti.

Karna kamu merasa adalah orang yang paling inti dari siapapun, maka kamu merasa bahwa tidak sepantasnya kamu dikritik karena itu sama saja dengan penghinaan.

4. Kamu tidak peduli dengan pendapat orang lain

Ketika kamu berbicara dengan orang lain entah dalam forum diskusi atau kelompok, kamu selalu menganggap bahwa apa yang kamu sampaikan semuanya berarti dan bernilai sehingga kamu tidak memberi telingamu untuk mendengarkan orang lain. Dalam hal penentuan keputusan pun demikian. Kamu selalu menganggap bahwa keputusanmu yang selalu benar dan lebih baik.

5. Kamu selalu merasa diri spesial

Seorang yang narcissistic akan selalu merasa special dari orang lain. Bukan hanya itu saja, ia juga ingin agar orang memperlakukannya dengan spesial. Ketika ia berada di satu tempat, ia ingin agar diperlakukan bak raja. Kalau sudah begini, jangan harap untuk meminta pertolongan atau bantuan darinya karena ia tidak akan pernah menganggap orang lain.

Itulah beberapa tanda yang bisa mengindikasi seorang mengalami narcissistic atau tidak. Nah, kamu sudah mengetahuinya, jadi apakah kamu juga termasuk dalam tanda diatas? Semoga bukan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar