3 Menu Inspiratis Untuk Masak Selama Diam DIrumah - Quandly

Breaking

Sabtu, April 18, 2020

3 Menu Inspiratis Untuk Masak Selama Diam DIrumah

Masak demi konten adalah salah satu penghilang stres yang dilakukan netizen untuk tetap selow menjalani hari-hari selama social distancing. Gerakan ini awalnya dimulai dari pusingnya ibu-ibu yang harus memasak nyaris berkali lipat dari hari biasanya karena penghuni rumah yang terus kelaparan dari pagi sampai malam. Yup, bukan hanya soal mengalahkan rasa bosan yang terus jadi godaan buat keluar rumah aja. Hal lain yang sering bikin bingung adalah mau masak apa hari ini.

Tapi, itu dulu. Dari stok masak demi konten yang tersebar di timeline, ada 3 ide menu simpel yang bisa jadi inspirasi memasak selama social distancing, biar nggak bosan makan itu-itu aja. Mau coba? Rasanya nggak kalah seperti di restoran, nih!

Nasi Telor Hits

Nasi telor yang berasal dari Pontianak ini memang sempat viral dan menjadi menu hits yang disukai berbagai kalangan. Nah, tahu nggak kalau ternyata menu ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan praktis, bahkan nggak perlu mengeluarkan banyak modal lho.

Siapkan nasi putih, 2 butir telur ayam, dan 2 batang daun bawang. Selanjutnya, ambil sebuah mangkuk lalu tuangkan sendok makan kecap asin, lada bubuk, dan 2 siung bawang putih yang sudah dicincang. Tambahkan 4 sdm air putih, aduk hingga merata. Setelah itu, tuangkan minyak ke dalam penggorengan, goreng daun bawang hingga kecokelatan. Selanjutnya, masukkan 2 butir telur yang dibuat menjadi telur mata sapi. Setelah hampir matang, siram dengan kuah kecap asin yang tadi sudah dibuat. Angkat, sajikan di atas piring bersama nasi putih.

Beef Bowl

Nggak bisa dipungkiri, beef bowl adalah salah satu makanan yang jadi favorit makhluk sejuta umat. Biarpun punya resto favorit yang juga menyediakan jasa delivery order di masa social distancing ini, tapi nggak ada salahnya sesekali berkreasi sendiri di rumah. Cara memasaknya pun mudah kok.
Pastikan kamu menggunakan daging khusus untuk membuat beef bowl ini, yaitu daging shabu-shabu. Untuk 1 porsi resep ini, kamu membutuhkan sekitar 200gr daging shabu-shabu. Setelah itu, buatlah campuran saus dari saus tiram, kecap asin, saus teriyaki, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Setelah menjadi pasta, lumurkan pada daging yang sudah disiapkan. Masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit.

Selanjutnya, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga aromanya harum. Masukkan daging, tumis hingga berubah warna. Masukkan air, aduk hingga mendidih dan meresap. Tambahkan minyak wijen dan daun bawang. Matikan api, angkat. Sajikan tumis daging ini bersama dengan semangkuk nasi hangat.

Mie Ayam

Mulai kangen sama mie ayam gerobakan yang suka mangkal di sebelah kantor? Di masa social distancing ini, nggak ada salahnya coba bikin sendiri mie ayam di rumah. Cara masaknya ternyata nggak susah kok.
Pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat bumbu untuk kuah ayamnya. Caranya, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan kunyit, tambahkan sedikit penyedap rasa lalu haluskan. Selanjutnya, tuangkan minyak di atas teflon, panaskan. Masukkan bumbu ayam, tambahkan daun jeruk, daun salam, dan sereh. Masukkan garam sesuai selera. Aduk hingga bumbunya pecah. Setelah itu, masukkan ayam dan jamur yang sudah diiris, aduk hingga merata. Tambahkan 100 ml air, aduk, lalu tambahkan 3 sdm kecap manis. Masak terus dan aduk hingga bumbunya mengental.

Selanjutnya, didihkan air dalam panci untuk merebus mie. Sambil menunggu air mendidih, ambil minyak dari kuah ayam yang dibuat tadi ke dalam mangkuk, tambahkan sdm kecap asin. Setelah air mendidih, masukkan mie dan sawi ke dalamnya. Angkat, tiriskan. Masukkan ke dalam mangkuk berisi minyak dan kecap asin, tuangkan mie ke dalamnya. Tambahkan topping kuah ayam yang sudah dibuat. Mie ayam pun berhasil disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar