Spesifikasi Realme 5i Patut Dipertimbangkan Untuk Dibeli - Quandly

Breaking

Rabu, Februari 26, 2020

Spesifikasi Realme 5i Patut Dipertimbangkan Untuk Dibeli

Awal tahun 2020, realme sudah menyiapkan smartphone baru untuk pasar Indonesia. Pergerakan mereka terbilang gesit karena belum sampai tiga bulan sejak tahun lalu, mereka sudah mengumumkan produk baru. Smartphone anyar ini adalah realme 5i, yang memang masih termasuk rumpun realme 5. Dari penamaan sudah terlihat bahwa smartphone ini menawarkan beragam aspek yang lebih terjangkau.

Ini merupakan salah satu cara realme dalam mempertahankan posisi di tengah pasar smartphone Indonesia yang semakin ketat. Ditambah lagi, mereka saat ini telah masuk dalam posisi lima besar, sehingga kompetitornya juga melihat realme sebagai pesaing yang patut diperhitungkan. realme 5i telah tiba di meja pengujian, dan langsung saja kami menjajalnya.

Warna Hijau Menarik

Realme 5i sebenarnya tidak memberikan kesan terjangkau. Balutan warna hijau yang dikemas pada unit pengujian kami berduet dengan motif bertekstur yang ternyata memberi kesan tampil beda dan motif ini memberikan pengalaman memegang yang lebih baik. Harus diakui, pilihan warna hijau ini cukup menarik, tidak terlalu cerah dan tak banyak produk kompetitor yang menggunakannya.

realme 5i mengusung layar 6,52 inci, yang mampu menghasilkan resolusi 720 x 1600 pixel, dan rasio layar ke bodi mencapai 83,2 persen. Ini berarti masih ada bezel yang terlihat di semua sisi layar, walau tidak banyak. Layar ini juga tetap mengusung model poni mini-drop untuk menyimpan komponen kamera depan. Selebihnya, layar terlihat luas karena desain yang sederhana.

Bodi belakang menyediakan impresi utama yang lebih menarik. Sebagai smartphone terjangkau, ia bisa dibilang satu-satunya yang berani menyediakan empat kamera belakang di kelasnya.

Keempat kamera ini terbungkus satu bingkai horisontal khas realme, dengan salah satu kameranya menggunakan alur berlingkar warna emas. Sementara LED flash terpisah tetapi tidak jauh dari kamera ini, dan pemindai sidik jari berada di tengah, seperti pada umumnya.

Untuk antarmukanya, realme 5i masih menggunakan port micro USB. Anda juga tetap menemukan jack audio 3,5 inci, lubang speaker, dan lubang mikrofon pada sisi yang sama. Sementara tombol volume dan slot kartu SIM di pinggir kiri, terpisah dari tombol power yang terpasang pada pinggir yang berlawanan.

Masih Punya Fitur Pendukung Gaming
 
realme 5i punya antarmuka berbasis ColorOS 6.1 yang punya tampilan dan fitur yang masih sama seperti saudaranya realme 5. Antarmuka ColorOS 6.1 juga ringan sehingga tidak masalah apabila penggunanya memilih disajikan antarmuka bentuk app drawer.

Sistem keamananya didukung pemindai sidik jari dan wajah. Pengalaman Medcom.id menjajal pemindai sidik jari dan pemindai wajah kinerjanya gesit. Kami lebih suka membuka kunci smartphone menggunakan sensor sidik jari.
 
Fitur pendukung bermain game yaitu Game Space masih bisa ditemukan di smartphone ini. Hal ini wajib dihadirkan mengingat realme 5i dibekali Qualcomm Snapdrgon 665 AIE yang menyediakan performa gaming di kelas menengah. Chipset ini didukung GPU Adreno 610 yang mendukung kualitas gambar.

realme 5i juga diklaim mampu memberikan performa kualitas grafis memuaskan dengan mempertahankan konsumsi daya baterainya tetap hemat. Fitur Game Space yang disediakan realme 5i masih punya fitur yang sama seperti seri realme lain. Ada opsi untuk meniadakan notifikasi yang mengganggu gameplay serta kemampuan meningkatkan performa gaming secara otomatis.

Fitur Game Assistant juga menyediakan akses pintas untuk screenshot dan screen recording sehingga pengguna realme 5i juga bisa menghasilkan konten dan membagikan pengalaman bermain game ke media sosial.


Quad Camera Memuaskan


realme 5i juga masih punya fitur Quad Camera yang juga dimiliki saudaranya di keluarga realme 5. Kameranya memadukan kemampuan lensa 12MP + lensa ultra-wide 8MP + lensa macro 2MP + lensa portrait 2MP yang punya mode AI atau kecerdasan buatan.

Berdasarkan kualitas foto yang dikumpulkan Medcom.id menggunakan realme 5i, kemampuan kameranya punya kualitas yang cukup memuaskan. Warna yang dihasilkan cukup natural. Algoritma warna yang dimiliki realme 5i bisa ditingkatkan dengan fitur Chroma Boost.

Menariknya, realme 5i juga memiliki fitur Super Nightscape 2.0. Kualitas foto malam yang dihasilkan cukup bagus dikelasnya. Mengambil gambar menggunakan fitur Nightscape harus menunggu selama tiga detik, untuk kamera dapat memproses gambar.

Di kisaran harga yang ditawarkan realme 5i menurut Medcom.id hal ini sangat memuaskan. Beralih ke kamera depan 8MP realme 5i juga masih tetap memiliki mode AI. Di kamera depan masih tersedia fitur HDR seperti kamera belakangnya. Hal ini memungkinkan kemampuan kamera depannya di kondisi minim cahaya masih cukup bagus untuk dibagikan ke media sosial.

Performa Snapdragon 665 AIE


Sesuai kelasnya, realme 5i mengusung Snapdragon 665 AIE. Chipset generasi terbaru ini mengutamakan konsumsi daya irit dengan performa yang memadai. Hal ini terbukti dengan duetnya bersama baterai 5.000 mAh. Saat mengujinya dengan PCMark dan 3DMark, kami membandingkannya dengan beberapa smartphone yang telah muncul tahun lalu. Ini karena belum ada smartphone lain yang hadir pada awal tahun 2020. Berdasarkan grafis performa di bawah ini, terlihat realme 5i unggul di kelas harga yang sama.

Medcom.id menjajal realme 5i untuk bermain game PUBG Mobile. Meskipun berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE game tersebut mendeteksi smartphone ini bisa berjalan lancar di kualitas grafis rendah alias Low. Menariknya, ketika kami bermain dalam durasi 30 menit non-stop suhu smartphone ini masih sebatas hangat, tidak panas.

Terkait daya tahan baterai, realme 5i termasuk smartphone ‘paling awet’. Selain berkat daya 5.000 mAh, prosesornya juga membuatnya irit daya, baik saat penggunanya secara aktif memakai smartphone untuk membuka media sosial secara berkala atau menonton YouTube.

realme 5i mampu bertahan selama 18 jam saat dipacu dengan PCMark. Ini berarti secara teori, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari kontak listrik seharian. Dari mulai bekerja sampai pulang, baterai masih bisa tersisa 30 persen.

Kesimpulan

‘Menggiurkan di kelasnya’ adalah kesimpulan kami terhadap realme 5i. Meski termasuk kelas terjangkau, ia sudah mengadopsi Snapdragon generasi terkini, dengan duet baterai besar dan kamera yang kualitasnya cukup baik. Ia juga hadir dengan bodi dengan motif yang unik, tidak glossy dan licin ditangan.

Smartphone ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari Anda, seperti membuka beberapa aplikasi media sosial sekaligus dan menonton YouTube. Kekurangan yang kami lihat pada realme 5i hanya pada kemampuan pengisian daya cepat, yang sebenarnya sudah menjadi fitur unggulan smartphone realme dan belum mendukung USB-C.

realme 5i dengan spesifikasi RAM 4GB dan memori internal 64GB seperti yang dijajal Medcom.id dibanderol oleh realme di harga Rp1,9 juta. Harga ini jelas sangat bersahabat bagi dompet konsumen dengan kebutuhan fitur empat kamera belakang kekinian dan baterai berkapasitas besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar