Sekolah Terbaik SMAK PENABUR Bandung, Terlahir dari Semangat Pemuda Indonesia

SMAK PENABUR Bandung

Sumber foto: smak2bpk.penabur.sch.id

Sebagai Sekolah Kristen Terbaik, SMAK 1 BPK PENABUR Bandung memiliki sejarah hebat. Tepatnya pada tahun 1965 dimana saat gejolak politik yang memanas, membuat para pemuda dan pemudi Kristen dari berbagai gereja di Bandung merasa terpanggil untuk mendirikan sebuah sekolah lanjutan atas, guna menampung pemuda-pemudi usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah-sekolah tingkat atas negeri. Juga para lulusan sekolah asing yang tidak ingin atau tidak dapat melanjutkan sekolah di luar negeri. Para pemuda - pemudi ini berharap bahwa melalui sekolah dapat diarahkan pemikiran dan jiwa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, sehingga hal ini dapat berakibat positif bagi negara dan bangsa.

Perkembangan SMAK BPK PENABUR Bandung

Melalui berbagai perundingan dan konsultasi maka pemuda-pemudi ini sepakat agar sekolah yang baru ini dapat dikelola oleh BPK Jabar KPS Bandung, yang pada saat itu sudah memiliki beberapa sekolah di jenjang SD dan satu sekolah di jenjang SMP, tetapi belum memiliki sekolah SMA. Pada awal bulan juli 1965, dimulailah tahun ajaran baru 1665-1966. SMA Kristen Kosambi pada saat itu waktu belajarnya dimulai pukul 12:30 setelah usai waktu belajar SD dengan kepala sekolah Drs. Kwee Hok Gwan. Hingga pada akhirnya menginjak tahun 1988 terjadi pergantian pimpinan SMAK 1 BPK dan pada tahun 2001, SMAK 1 resmi mendapatkan izin sebagai salah satu sekolah yang berhak mengadakan program akselerasi untuk yang pertama kalinya di kota Bandung. Berkat doa dan kerja keras para pengurus SMAK 1 BPK PENABUR Bandung, semakin hari, prestasi sekolah semakin baik. Hal ini terbukti pada tahun 2005 dengan hadirnya Menteri Pendidikan Nasional Bapak Prof. DR. Bambang Sudibyo yang mengunjungi SMAK BPK PENABUR Bandung untuk memeriksa persiapan Ujian Nasional.

Daftar program SMAK BPK PENABUR Bandung

STEAM. Program pembelajaran Science Technologi Engineering and Mathematics atau yang disingkat STEAM adalah sebuah pendekatan pembelajaran baru di SMAK BPK PENABUR Bandung. STEAM merupakan pembelajaran dari program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pendekatan pembelajaran ini merupakan pendekatan aplikatif, dimana siswa diajarkan untuk lebih banyak bereksplorasi di lapangan. Kemudian para siswa diajak meneliti lebih dekat pada objek penelitian sehingga dapat mengeksplorasi lebih jauh mengenai suatu objek. Pembelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa agar lebih menguasai materi tidak hanya sebatas teori namun juga praktik.

SEA. Merupakan singkatan dari Social Science Experience and Adventure yang merupakan sebuah pendekatan pembelajaran baru di  SMAK BPK PENABUR Bandung dan merupakan bagian pembelajaran dari program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pendekatan pembelajaran ini lebih mengutamakan experience siswa. Dimana siswa diajak untuk meneliti dan mengamati objek dari dekat hingga mereka dapat merasakan cara bersosialisasi yang sesungguhnya. Pembelajaran ini diharapkan dapat mengasah kemampuan bersosialisasi siswa dalam lingkup sekolah juga dalam lingkup masyarakat umum. Para siswa juga diajak merasakan suatu pengalaman berpetualang yang diharapkan dapat memotivasi siswa agar lebih aktif dalam belajar.

General Programme. Program umum yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS, selama 50 tahun program ini telah menunjukan eksistensinya. Berkat guru-guru terbaik, telah banyak menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menjadi duta-duta kebanggaan SMAK BPK PENABUR Bandung di berbagai bidang. Khusus jurusan IPS akan dibekali dengan kompetensi abad 21, yakni kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kemampuan dalam penguasaan IT. Kompetisi ini dirangkai menjadi suatu kegiatan yang disebut "Problem Based Learning" Dimana proses pembelajaran klasikal di kelas dipadukan dengan  di luar kelas (outdoor learning). Pembelajaran ini diharapkan akan menciptakan pembelajaran yang "fun" dan para siswa memiliki keterampilan dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah.

Bilingual programme. Program ini diperuntukan bagi siswa yang memiliki potensi akademik yang baik dan kemampuan berbahasa Inggris di atas rata-rata. Bahasa pengantar untuk mata pelajaran peminatan (science) adalah bahasa Inggris, dan mata pelajaran non-peminatan dalam bahasa Indonesia. Sebagian besar lulusan program ini melanjutkan ke perguruan-perguruan tinggi ternama di dalam negeri maupun di luar negeri.

Itulah sekilas sejarah SMAK BPK PENABUR Bandung yang terlahir dari semangat para pemuda-pemudi Bandung dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Melalui berbagai program pembelajaran yang berkualitas, SMAK BPK PENABUR Bandung sukses meraih berbagai prestasi, salah satunya meraih nilai ujian tertinggi program IPA dan IPS pada 2019. Itu sebabnya SMAK BPK PENABUR patut menjadi Sekolah Terbaik di Bandung.

Posting Komentar

0 Komentar